Microneedling untuk Kulit Jadi Awet muda

Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat 3 Banjarmasin

/

Microneedling, Menyulap Kulit Jadi Awet Muda Dengan Jarum Halus

Apa itu microneedling?

Microneedling adalah salah satu metode terbaru untuk menjaga wajah Anda tetap awet muda. Secara umum, teknik ini menggunakan jarum-jarum halus yang ditusukkan ke kulit yang bertujuan untuk menimbulkan luka kecil sehingga merangsang peremajaan kulit.

microneedling_THUMB_LARGE

Microneedling biasa digunakan untuk memperbaiki dan mengatasi masalah kulit wajah seperti jerawat, garis dan kerut halus, kulit yang kendur, pori-pori yang besar, flek coklat, serta masalah pigmen kulit lainnya. Metode ini dikenal juga sebagai terapi induksi kolagen (collagen induction therapy/CIT), dan induksi kolagen perkutan (percutaneous collagen induction / PCI).

Hampir setiap orang dapat melakukan prosedur ini selama tidak memiliki luka terbuka atau masalah penyembuhan luka. Jika Anda memiiki jerawat, Anda mungkin harus menunggu hingga kulit Anda tenang terlebih dulu. Hal ini dikarenakan proses microneedling dapat menambah iritasi dan membuat inflamasi pada kulit Anda bertambah, serta memfasilitiasi penyebaran bakteri pada kulit Anda.

Bagaimana proses dilakukannya microneedling?

Microneedling biasanya dilakukan dalam empat hingga enam tahap, dengan jarak antar tahapan kira-kira satu bulan. Semakin lama, kedalaman jarum yang dimasukkan akan semakin bertambah seiring dengan bertambahnya ketebalan dan toleransi kulit. Selama prosedur, Anda akan diberikan anestesi local. Selanjutnya, sebuah tusukan akan dimasukkan dengan sebuah alat bernama dermaroller. Luka-luka kecil pada kulit wajah Anda kemudian akan merangsang produksi dari elastin dan kolagen yang membantu penyembuhan luka. Kolagen baru inilah yang akan membuat kulit wajah Anda terlihat lebih licin, kencang, dan muda.

“Sinar matahari memecah kolagen, oleh karena itulah kulit kita secara alami memproduksi lebih sedikit kolagen seiring dengan bertambahnya usia. Tindakan yang merangsang produksi kolagen akan membuat kulit terlihat lebih muda,” demikian dr. Tsippora Shainhouse, seorang dermatologis dari California menjelaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *