Manfaat Konsumsi Sayur Bayam

/

Sayuran hijau seperti bayam mengandung asam folat yang bisa memengaruhi suasana hati manusia.
Manfaat Konsumsi Sayur Bayam – Bayam (Amaranthus) adalah salah satu jenis sayuran hijau kaya zat besi yang penting untuk tubuh. Tanaman bayam berasal dari Amerika Tropik, yang kemudian tersebar ke seluruh dunia. Sayuran ini bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Sayuran hijau ini juga mengandung senyawa tumbuhan yang penting untuk menjaga kesehatan. Contohnya seperti lutein, nitrat, kaempferol, quercetin, dan zeaxanthin.

kandungan dalam 100 gram bayam, yaitu:

  • Kalori: 23.
  • Air: 91 persen.
  • Protein: 2,9 gram.
  • Karbohidrat: 3,6 gram.
  • Gula: 0,4 gram.
  • Serat: 2,2 gram.
  • Lemak: 0,4 gram.

Selain itu, sayuran ini juga mengandung vitamin dan mineral, seperti:

  • Vitamin A.
  • Folat.
  • Vitamin C.
  • Vitamin K1.
  • Zat besi.
  • Kalsium.
  • Potasium.

Berikut manfaat bayam bagi kesehatan:
1. Mencegah stres oksidatif
Paparan radikal bebas pada tubuh dapat memicu stres oksidatif, yang meningkatkan risiko berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi bayam, kamu akan mendapatkan asupan antioksidan yang bisa membantu mencegah terjadinya stres oksidatif.
Sebuah penelitian dalam jurnal Preventive Nutrition and Food Science, melakukan uji coba menggunakan tikus. Adapun, penelitian Bertujuan untuk mengetahui efek antioksidan dalam bayam pada tikus yang diberikan diet tinggi lemak dan kolesterol.
Diet ini membuat hewan tersebut mengalami hiperlipidemia dan stres oksidatif. Hiperlipidemia adalah istilah medis untuk menggambarkan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.
Para peneliti tersebut kemudian memberikan ekstrak bayam sebanyak 5 persen terhadap tikus yang mengalami hiperlipidemia dan stres oksidatif. Hasilnya, kandungan antioksidan dalam bayam cukup efektif untuk memperbaiki stres oksidatif akibat diet tinggi lemak dan kolesterol.

2. Menurunkan risiko gejala asma
Bayam kaya akan antioksidan, mulai dari vitamin C, vitamin E, dan beta karoten. Semua nutrisi ini dapat membantu fungsi paru-paru, sehingga dapat membantu mengurangi keparahan gejala asma dan mengurangi risiko serangan berulang.

3. Menjaga kesehatan tulang
Bayam mengandung vitamin K, sehingga memiliki potensi untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin K berperan penting dalam sejumlah fungsi tubuh. Mulai dari bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan mengurangi jumlah kalsium yang keluar dari tubuh dalam urine.

4. Mengoptimalkan kesehatan rambut
Karena mengandung banyak vitamin A, makanan sehat ini dapat memoderasi produksi minyak di pori-pori kulit dan folikel rambut. Ketika folikel rambut menjadi lebih sehat, pertumbuhan rambut akan menjadi lebih sehat. Selain itu, kekurangan zat besi adalah penyebab umum kerontokan rambut, yang dapat kamu cegah dengan mengonsumsi makanan yang kaya zat besi, seperti bayam.

5. Meningkatkan kesehatan kulit
Bayam mengandung vitamin C yang baik untuk menjaga produksi kolagen. Ketika kolagen terpelihara dengan baik, maka kulit akan menjadi lebih sehat. Kita akan terhindar dari berbagai gangguan kulit akibat kerusakan kolagen, seperti kulit kusam hingga kulit yang mengendur. Bahkan, kerutan halus akan menghilang jika kolagen pada kulit terjaga dengan baik.

6. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Bayam kaya akan serat dan air, yang keduanya membantu mencegah sembelit dan meningkatkan saluran pencernaan yang sehat. Menurut penelitian di University of Tokushima School of Medicine, glycol glycerolipid yang terdapat dalam bayam membantu melindungi lapisan saluran pencernaan.

7. Menjaga kesehatan mata
Bukan hanya wortel, ternyata mengonsumsi bayam juga baik untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini karena kandungan lutein dan zeaxanthin yang terdapat dalam sayuran hijau ini. Kedua kandungan tersebut juga terdapat dalam pigmen mata manusia. Ini berfungsi untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari agar tidak menyebabkan kerusakan.
Selain itu, lutein dan zeaxanthin juga berfungsi untuk menurunkan risiko penyakit mata, seperti degenerasi makula dan katarak.

8. Menjaga tekanan darah
Bayam juga mengandung nitrat yang berfungsi mengontrol tekanan darah sehingga kamu akan terhindar dari berbagai gangguan jantung. Jadi, tidak ada salahnya mencoba untuk mengonsumsinya secara teratur, agar kondisi kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik.

9. Menurunkan berat badan
Jika ingin menurunkan berat badan, cobalah rutin mengonsumsi bayam. Sayuran ini bisa membantu menurunkan berat badan karena kandungan kalori yang rendah. Selain itu, serat dalam sayuran ini juga membantu merasakan kenyang lebih lama dan mengontrol nafsu makan menjadi lebih baik.

10. Mencegah anemia
Tingginya kadar zat besi dalam sayuran ini menjadikannya pilihan yang baik, terutama jika memiliki riwayat anemia. Karena itu, sebaiknya memasukkan sayuran ini ke dalam menu makanan harian. Sebab, zat besi memiliki peran penting dalam pembentukan hemoglobin dalam tubuh.

11. Menurunkan risiko kanker
Bayam memiliki banyak kandungan yang mampu menurunkan dan mencegah risiko kanker, salah satunya antioksidan. Melansir dari jurnal Archives of Biochemistry and Biophysics, bayam mengandung antioksidan yang mampu mencegah munculnya kerusakan jaringan sel pemicu kanker.

Sumber :
https://www.astronauts.id/blog/tidak-cepat-layu-ini-cara-menyimpan-sayur-bayam-di-kulkas/
https://www.halodoc.com/artikel/tak-hanya-lezat-ini-11-manfaat-bayam-bagi-kesehatan-tubuh

Post Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *